Off-Page SEO Pengertian Contoh: Panduan Penerapan Terbaik

Off-Page SEO Pengertian Contoh: Panduan Penerapan Terbaik
Off-Page SEO Pengertian Contoh: Panduan Penerapan Terbaik

Pengertian Off Page SEO - Keduanya memiliki peran penting dan pengaruh dalam aktivitas SEO. Mencurahkan perhatian hanya pada satu di antaranya tidaklah cukup; sebagai contoh, hanya fokus pada sisi on-page SEO mengabaikan pentingnya aspek off-page.

Kita perlu mempertimbangkan sisi lainnya - off-page SEO.

Namun, beberapa teman mungkin [mungkin] yang sedang belajar atau baru mulai menggali SEO mungkin masih penasaran dan belum sepenuhnya memahami kompleksitas Off-page SEO.

Dalam artikel ini, DailySEO berusaha menjelaskan dengan sederhana apa itu off-page SEO dan memberikan contoh tekniknya. Mari kita jelajahi bersama dalam artikel ini.

Pemahaman Off-Page SEO

Off-page SEO mencakup berbagai tindakan atau taktik yang dilakukan di luar situs web untuk meningkatkan visibilitasnya pada Search Engine Results Page (SERP).

Seringkali disamakan dengan istilah "link building," namun cakupannya lebih dari itu.

Melihat pada tujuannya, terlibat dalam off-page SEO meyakinkan pengguna dan mesin pencari bahwa situs web Anda dapat dipercaya dan otoritatif (karena direkomendasikan).

Membedakan Off-Page SEO dari On-Page SEO

Nama-nama tersebut membuat perbedaan jelas: off-page vs. on-page.

Sementara on-page SEO menekankan teknik optimasi di dalam situs web (terlihat oleh pengguna dan bot crawler), off-page SEO lebih difokuskan pada kegiatan di luar situs web, yang tidak terlihat oleh pengguna dan bot.

Selain itu, on-page SEO adalah tindakan yang dapat Anda kendalikan, sementara off-page SEO tidak.

Jika Anda bertanya-tanya yang mana lebih penting, jawabannya keduanya penting dan saling melengkapi.

Mengapa Off-Page SEO Penting

Mengapa toko hijau dan oranye tumbuh lebih cepat dan besar daripada toko online lainnya?

Jawabannya sederhana, yaitu karena kedua toko tersebut menggabungkan setiap taktik yang mereka ketahui dari sisi on-page (konten dan teknis) dan juga dari sisi off-page mereka.

Mereka aktif terlibat dalam off-page SEO, seperti mengadakan acara dan promosi, yang berkontribusi pada pertumbuhan mereka yang pesat.

Pertimbangkan off-page SEO sebagai alat untuk menciptakan dan meningkatkan reputasi situs web Anda.

Mengapa?

Ini merupakan rahasia umum bahwa situs web yang terkenal dan kredibel mendapatkan manfaat lebih dalam mesin pencari, terutama dengan panduan E-A-T dari Google.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan terkait off-page SEO ini? Simak contoh teknik di bawah ini.

5 Teknik Off-Page SEO yang Harus Dipertimbangkan

Sekarang setelah Anda memahami arti dan pentingnya off-page SEO, mari kita telusuri cara mengimplementasikannya.

Berikut adalah beberapa teknik yang dapat Anda terapkan pada off-page SEO situs web Anda:

1. Dapatkan Backlink dari Situs Web yang Relevan dan Otoritatif

Backlink adalah tautan masuk dari situs web lain, faktor peringkat Google yang sangat penting.
Tidak semua backlink secara inheren bagus; pertimbangkan hal berikut:
  • Otoritas: Apakah situs web sumber backlink tersebut kredibel dan dapat dipercaya?
  • Relevansi: Apakah topik yang dibahas di situs web sumber backlink sejalan dengan topik situs web Anda?
  • Penempatan: Apakah penempatan tautannya strategis untuk dilihat dan diklik oleh pengguna
Teknik untuk membangun backlink termasuk menjadi penulis tamu di situs web lain dan menduplikasi backlink pesaing Anda.

2. Bekerjasama dengan Ahli

Ingatlah Google E-A-T yang dibahas sebelumnya?

Google memberi nilai tinggi pada konten yang dibuat oleh ahlinya. Bekerjasama dengan atau mempekerjakan seorang ahli dapat meningkatkan kinerja SEO Anda.

Alasannya?\
Audiens lebih suka, percaya, dan membagikan konten (atau menyematkan backlink) yang dibuat oleh ahli, terutama jika ia adalah seorang influencer.

Meskipun Google tidak lagi menggunakan authorship dalam algoritmanya, mereka dapat mengidentifikasi penulis, meningkatkan potensi lalu lintas ketika kontennya dibuat oleh seorang ahli.
Bingung cara menemukan seorang ahli? Profil Bisnis Google (GBP) adalah tempat yang bagus untuk memulai.

3. Optimalkan Profil Bisnis Google (GBP)

Memiliki GBP yang teroptimalkan dengan baik dapat meningkatkan lalu lintas situs web dan konversi.

Tips untuk mengoptimalkan GBP Anda:
  • Gunakan nama merek yang sesungguhnya alih-alih spam kata kunci.
  • Spesifik dengan kategori bisnis Anda.
  • Tambahkan jam bisnis.
  • Sediakan informasi kontak secara rinci (nomor telepon dan email).
  • Tentukan alamat secara faktual dan tepat.
  • Tentukan area layanan bisnis Anda.
  • Tampilkan layanan dan produk Anda.
  • Sertakan foto, video, dan media pendukung lainnya.

4. Minta Ulasan dari Pelanggan

Ulasan di Profil Bisnis Google merupakan salah satu faktor peringkat di "map pack."

Berikan layanan yang sangat baik terlebih dahulu, lalu mintalah pelanggan untuk meninggalkan ulasan di akun GBP Anda.

Ulasan tinggi (>4,5) berpotensi meningkatkan kepercayaan pelanggan—investasi yang sangat penting.

Tips untuk mendapatkan ulasan:
  • Berikan layanan yang sangat baik.
  • Minta ulasan dengan sopan.
  • Tanggapi setiap ulasan.
  • Hindari membeli ulasan palsu, karena hal ini melanggar aturan Google.

5. Dapatkan Nama Merek Disebutkan

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan penyebutan merek:
  • Ikut serta dalam podcast, webinar, atau acara.
  • Menjadi pembicara.
  • Membuat konten yang benar-benar berkualitas, otoritatif, dan idealnya sangat unik.
Meskipun penyebutan merek dapat membantu aktivitas SEO, melakukan hal ini secara berlebihan untuk mendapatkan lebih banyak penyebutan mungkin bukan investasi waktu yang terbaik.

Kesimpulan & Penutup

Demikianlah artikel ini mengenai pemahaman off-page dan contoh tekniknya. Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan bergabung dalam diskusi  di kolom komentard.
LihatTutupKomentar